Comunitas Berantas Narkoba, SMPN 3 Surabaya Anti Narkoba, Pemberantasan Narkoba di Kalangan Remaja

Cobra Spega
Spe9Anti_Narkoba

Pengertian Narkoba dan Jenis - Jenisnya

Say No To Drugs !

Pengertian definisi Narkoba, arti NAPZA, Jenis - jenis Narkoba

Kita mungkin sudah sering sekali melihat slogan seperti gambar di atas ^ lalu apa sih sebenarnya Narkoba itu ?? Apa saja jenisnya dan apa bedanya dengan Napza ??
Santai... berikut ini bakal kujelasin satu per satu... cekidot '3'b

Narkoba adalah singkatan dari Narkotika dan Obat/bahan berbahaya. Selain "Narkoba", istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif. Semua istilah ini, baik "Narkoba" ataupun "Napza", sama - sama mengacu pada kelompok senyawa yang umumnya memiliki risiko kecanduan bagi penggunanya. Sebenarnya Narkoba atau Napza ini sudah banyak dimanfaatkan dalam dunia medis, namun karena sudah sifat manusia yang ingin mencoba segalanya sampai melebihi batas :'v , akhirnya narkoba pun disalah gunakan dan menimbulkan akibat yang buruk bagi penggunanya T_T

Narkoba terdiri atas 3 golongan besar, yaitu : Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif dan setiap golongan tersebut memiliki golongan - golongan tersendiri (jadinya golongan dalam golongan :v)

Narkotika ~> adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semisintetis yang akan menyebabkan perubahan kesadaran, mengurangi sampai menghilangkan rasa sakit dan dapat menimbulkan ketergantungan (adiksi). ada 3 golongan dalam Narkotika :
a. Golongan 1
Merupakan golongan yang paling berbahaya, memiliki daya adiktif yang sangat tinggi. Contoh : ganja, heroin, kokain, morfin, opium, dll

Narkotika golongan 1
Tanaman Ganja
Narkotika golongan 1
Morfin
b. Golongan 2
Golongan berbahaya yang sedang dengan tingkat adiktif yang cukup kuat dan dapat berguna untuk pengobatan dan penelitian. Contoh : Petidin, Benzetidin, dll

Narkotika golongan 2
Petidin
narkotika golongan 2
Benzetidin
c. Golongan 3
Golongan yang "tidak seberapa berbahaya" memiliki tingkat adiktif yang ringan dan berguna dalam pengobatan maupun penelitian. Contoh : Kodein

Narkotika golongan 3

Psikotropika ~> zat atau obat bukan narkotika, baik alamiah maupun sintesis, yang memiliki khasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas normal dan perilaku. Ada 3 golongan pada psikotropika :
a. Golongan 1
Daya adiktif yang sangat kuat, belum diketahui manfaatnya untuk pengobatan dan sedang diteliti khasiatnya. Contoh: MDMA, LSD, STP, dan ekstasi.


Psikotropika golongan 1

b. Golongan 2
Daya adiktif kuat serta berguna untuk pengobatan dan penelitian. Contoh : amfetamin, metamfetamin, dan metakualon.
Psikotropika golongan 2

c. Golongan 3
Daya adiksi sedang serta berguna untuk pengobatan dan penelitian. Contoh : lumibal, buprenorsina, dan fleenitrazepam.


Psikotropika golongan 3

d. Golongan 4
Daya adiktif ringan serta berguna untuk pengobatan dan penelitian. Contoh : nitrazepam (BK, mogadon, dumolid) dan diazepam.


Nitrazepam

Zat adiktif ~> Adalah zat – zat selain narkotika dan psikotropika yang dapat menimbulkan ketergantungan pada pemakainya, diantaranya adalah :
a. Rokok

Rokok

b. Minuman keras yang memabukkan

Miras

c. Thiner dan zat lainnya, seperti lem kayu, penghapus cair dan aseton, cat, bensin yang bila dihirup akan dapat memabukkan.

Zat adiktif thinner


Yap, dan itulah pengertian dari narkoba dan jenis-jenisnya.... post selanjutnya saya bakal membahas "Efek yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi narkoba"
So, bhaaaayy :v /

Sumber : Wikipedia, Belajar psikologi


3 Komentar untuk "Pengertian Narkoba dan Jenis - Jenisnya"

Thx, sudah berkunjung kemari :D semoga bermanfaat (y)

wah penjelasannya lengkap , nice blog :D

Back To Top